Tokoh Tokoh ini Penting dalam dunia Komputer beserta sejarah singkatnya


Tokoh Tokoh ini Penting dalam dunia Komputer

1.                  MATT MULLENWEG
Matt Mullenweg adalah penemu dan pembuat CMS yang sangat terkenal yaitu WordPress. Dia berhasil menemukan dan membuat WordPress pada saat usianya menginjak 18 tahun. WordPress seperti yang kita ketahui adalah mesin blog beerbasis CMS yang memungkinkan kita untuk membuat blog tanpa harus mengerti bahasa-bahasa pemrograman web yang rumit dengan hanya semudah klik dan drag n drop saja. Matthew Charles Mullenweg, lebih dikenal dengan Matt Mullenweg lahir pada 11 Januari 1984 di Houston Texas Amerika serikat. Saat di SMA dia mahir bermain saxophone, meskipun studinya bukan di bidang teknologi komputer, tetapi ia mampu membangun teknologi yang sangat baik saat ini. WordPress bermula pada saat Matt berusia 18 tahun. Pada saat itu matt menggunakan fasilitas b2caffelog, tetapi paa saat itu b2cafelog berhenti mengembangkan softwarenya, sehingga munculah ide krativ Matt untuk mengembangkan b2 menjadi standar web saat itu. Dengan inisiatifnya sendiri bersama Mike Little mereka mengembangkan coding wordpress hingga lahirlah wordpress seperti saat ini. Pada tahun 2009 mereka mengembangkan lebih dari sebelumnya yang lebih dari HTML biasa. Pada tahun 2004 Matt di drop out dari universitasnya, kemudian ia pindah ke San Fransisco. Disana ia bekerja di CNET selama satu tahun. Setelah setahun berlalu ia melanjutkan karyanya di WordPress, Ia pun berhasil membuat aksimet sebagai alat untuk memblokir komentar spam. Dan di tahun yang sama Matt memutuskan untuk membuka WordPress untuk kalangan umum. Pada tahun 2006, ia mampu merekrut senior manager Yahoo! Tony Schneider. Baru berusia 2 tahun bersama Tony, mereka mampu meraup uang 1,1 juta USD. Daya pikir kreativ dan inovatif Matt telah mengantarkanya sebagai jutawan muda. Pada usia 25 tahun ia berhasil menjadi milliarder muda dengan kekayaan tidak kurang dari Rp.400 miliar. WordPress berhasil memikat jutaan pengguna. WordPress masuk ke dalam 30 situs ter-aktif di dunia. Setelah mendapatkan layanan Gravatar pada tahun 2007, beredar isu bahwa usaha yang didirikan Matt ditawar 200 Juta USD, namun ia menolak menjualnya.Ia bukan lulusan programming ataupun ilmu komputer. Di masa SMA, ia terjun dalam bidang seni. Sedangkan kuliahnya [tidak selesai] di bidang ilmu politik. Walaupun demikian, motivasi dan minat yang ia berikan pada blog membawa dirinya sukses dalam dunia software dan teknologi informasi.

2.                  BLAKE AARON ROSS
Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru 19 tahun. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.        

Banyak orang memuji kesuksesan Blake Ross. Direktur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008. Sebelum rilis Firefox versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.,Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
3.                  SHAWN FANNING
Shawn Fanning lahir 22 November 1980.Pada usia 18 tahun (1998) Shawn Fanning menciptakan Napster sewaktu masih kuliah di Northeastern University.Napster termasuk situs bagi-bagi file musik gratis berformat MP3 yang pertama dan mendunia.Setahun kemudian,Fanning memilih drop-out dan bekerja Full time           mengembangkan Napster.Pada pertengahan 2000,tercatat 58 juta pengguna Napster yang saling berbagi 450 ribu file.kontan dunia musik terancam,karena orang jadi ogah lagi beli cd dan kaset.Napster dituntut dan dipaksa menutup fasilitas saling berbagai musik gratis.Tapi revolusi sudah dimulai dan tak mungkin balik lagi.Napster kini tak terdengar lagi,tapi berbagai situs bagi-bagi musik gratis dan program komputer yang memungkinkan melakukan hal itu terus bermunculan dalam berbagai format.
4.                  Niklas Zennström
Niklas Zennström (lahir 16 Februari 1966) adalah seorang pengusaha terkenal karena mendirikan beberapa tinggi profil usaha online dengan Janus Friis termasuk Skype dan Kazaa. Baru-baru ini ia mendirikan Atomico kelompok investasi dan telah menjadi tokoh yang signifikan bagi pengusaha di sektor teknologi. Zennström memulai karir profesionalnya di Tele2 operator telekomunikasi Eropa. Dia melanjutkan untuk melayani dalam peran pengembangan berbagai bisnis termasuk meluncurkan dan bertanggung jawab atas Internet Service Provider get2net Eropa bisnis dan sebagai CEO dari portaleveryday.com
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323.
Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S. Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar. Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna. Pada tahun 2001 Zennström dan Friis mendirikan Kazaa, peer-to-peer file aplikasi berbagi.
5.                  Michaelanglo maron dan Nadiem makarin
Gojek berdiri pada tahun 2011 oleh seorang pemuda yang sangat kreatif. Pendiri gojek bernama Michaelanglo maron dan Nadiem makarin. Mereka mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Go-jek Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan ojek dengan penumpang ojek. Mereka melihat para ojek pangkalan hanya menghabiskan waktu seharian dan belum tentu mendapatkan pelanggan. Jadi mereka membuat perusahaan ini, untuk membantu para tukang ojek mendapatkan penumpangnya dengan lebih cepat dan efisien. Sampai sekarang tujuan mereka memang terbukti ampuh. Tukang ojek harus lebih produktif supaya bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak. Para tukang ojek pangkalan tersebut terkadang menunggu 8 sampai 10 jam, tetapi paling hanya mendapatkan 4 sampai 7 orang penumpang saja. Pendiri gojek berinisiatif membuat sesuatu yang berbeda. Gojek ini menggunakan sebuah system yang lebih tertata rapi. Awalnya gojek hanya melayani lewat call center saja, tetapi lambat laun gojek mulai berkembang dan membuat aplikasi gojek. Dengan aplikasi ini, anda bisa memesan secara online, membayar secara kredit dan mengetahui keberadaan driver yang akan menjemput anda. inilah salah satu kelebihan dari gojek dibandingkan dengan ojek pangkalan lainnya.

Pada awal pendaftaran menjadi driver gojek, akan terdapat berbagai pelatihan. Bagaimana melayani pelanggan yang baik, tidak boleh ugal-ugalan di jalan, mematuhi lalu lintas dan menggunakan pakaian yang safety. Pendiri gojek ini memang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Ketika menggunakan gojek anda akan diberikan jaket, helm, penutup kepala dan juga masker. Jadi memang benar-benar mematuhi lalu lintas yang ada. Selain itu para driver gojek juga diajari bagaimana menggunakan aplikasi gojek, m-bangking dan masih banyak lainnya. Untuk keuntungan, terdapat pembagian 20/80. 20% untuk kantor dan 80% untuk driver. Terkadang para driver gojek bisa mendapatkan 10 sampai 20 pelanggan setiap harinya. Apalagi gojek tak hanya melayani antar jemput orang saja. Tetapi juga bisa mengirim paket, memesan makanan dan masih banyak lainnya. Kelebihan dari gojek ini memang lebih banyak. Dari pendiri gojek ini, lahirlah sebuah system baru yang membantu kemacetan di Jakarta.

6.                  Andrew Darwis
Biografi Andrew Darwis. Ia lahir 20 Juli 1979 di jakarta merupakan pendiri (founder) komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus lewat situs Kaskus.us yang sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member . Andrew sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia. Andrew memulai pendidikannya di SD Tarakanita Pluit Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Tarakanita Pluit Jakarta, setelah lulus SMP kemudian andrew memilih melanjutkan SMA Gandhi National School, Ancol '98 Jakarta, setelah lulus kemudian Andrew melajutkan studinya di Universitas Bina Nusantara, 1998 jurusan Sistem Informasi,Setelah berkuliah di Binus, Andrew mencari universitas lain yang ‘mendukung’ hobi barunya. Ia kesulitan menemukan universitas yang cocok di Indonesia, karena kala itu multimedia belum menjadi lahan mata pencaharian umum di Indonesia. Namun akhirnya ia menemukannya melalui informasi seorang teman yang baru pulang dari Amerika. Sebuah universitas bernama Seattle University dinilainya dapat memfasilitasi hasratnya mendalami dunia web programming. Pada awalnya, kedua orang tua Andrew tidak setuju dengan keinginan anaknya. Mereka menganggap kuliahnya kelak akan terlalu menghamburkan uang, belum lagi biaya hidup disana. Namun setelah didesak oleh Andrew, akhirnya mereka luluh juga, dengan syarat biaya hidup selama kuliah di Amerika harus ditanggungnya sendiri. Andrew menyanggupinya. Kemudian ia memilih melanjutkan studinya di luar negeri di Art Institute of Seattle, 1999 - 2003 jurusan Multimedia & Web Design, setelah itu ia melanjutkan masternya di universitas yang sama jurusan Master of Computer Science, Seattle University, tahun 2004 - 2006. Andrew mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle Computer Science di tahun 1999, pria yang disapa Andrew ini terinspirasi membuat website forum komunitas yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia. "Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama Kaskus." Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com.

7.                  Gerald Anderson Lawson
Gamers, kamu kudu berterima kasih sama Gerald Anderson Lawson. Sebab pria berkumis seksi ini telah membuatmu bisa bermain games, bahkan sampai yang tercanggih hingga saat ini. Gerald adalah orang yang sangat berpengaruh dalam dunia teknologi, khususnya dalam bidang video game, di mana dirinya pernah menciptakan sistem video game berbasis cartridge pertama, The Fairchild Channel F. Karena jasanya pula permainan game nggak mesti berdampingan dengan hardware lagi, makin banyak pengembang-pengembang game serta perusahaan perangkat lunak yang mulai bermunculan dengan ide-ide permainan brilian. Keren!

8.                  Brian Kernighan
Dia adalah co-creator dan developer dari UNIX, AWK dan bahasa AMPL.

9.                  Richard Stallman
Pria yang memiliki nama lengkap Richard Matthew Stallman ini adalah pendiri gerakan open source, proyek GNU, dan yayasan perangkat lunak free open source. Dia adalah yang mengerjakan, GNU C Compiler, dan GNU Debugger. Stallman juga yang menulis GNU General Public License (GNU GPL atau GPL), lisensi perangkat lunak bebas yang terbanyak dipakai, dan memberi ilham untuk konsep copyleft.

10.              Fujio Masuoka
Fujio Masuoka adalah orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi selanjutnya. Bayangin, dari mimpinya di tahun 1980 untuk mengembangkan serta menyempurnakan chip memori nonvolatile untuk menyimpan data. Empat tahun kemudian, di tahun 1984, Masuoka berhasil menciptakan NOR Flash Memory saat bekerja pada Toshiba. Empat Megabit NAND-type Flash Memorynya diresmikan pada International Solid-State Circuits Conference pada tahun 1989, yang kemudian menjadi cikal bakal munculnya kartu memori dengan dengan berbagai tingkatan penyimpanan yang biasa kita gunakan untuk menyimpan foto, lagu, dan lain sebagainya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tokoh Tokoh ini Penting dalam dunia Komputer beserta sejarah singkatnya"

Post a Comment

=> Harap komentar yang sopan :-)
=> berkomentar dengan url (mati / hidup) tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel