Pengertian dan Macam Macam Windows beserta Sejarahnya

Pengertian dan Macam Macam Windows beserta Sejarahnya - Kalian tau gak sihh ? Apa itu windows? Bagi kalian yang pengguna komputer pasti tau lah. Benar Windows adalah sebuah sistem operasi yang gunanya agar dapat menyalakan sebuah komputer. Dan komputer tidak akan nyala jika tidak ada sistem operasi. 

Sebenarnya banyak juga sistem operasi. Namun diartikel kali ini yang akan  saya bahas adalah sistem operasi windows. Oke langsung saja ke pembahasan nya guys!!

pengertian macam windows
1. PENGERTIAN WINDOWS

Windows adalah sebuah system operasi. Pembuatnya adalah bapak Bil Gates dari perusahaan ternama yaitu Microsoft, window sebenarnya merupakan OS yang berbayar untuk membeli licancinya. Dan windows itu sudah banyak sekali dikenal oleh seluruh dunia khususnya diindonesia ini dibandingan dengan yang lainnya seperti sebut saja Linux dan Mac Os ya dikarenakan kemudahannya untuk menginstall dan memperolehnya. 

Windows mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tidak dapat di fungsikan sama sekali.

2. FUNGSI WINDOWS
·  sistem yang menentukan program apa yang perlu dilaksanakan, dan sumber apa (memori atau I/O) yang perlu digunakan. Sistem Pengoperasian (OS) membekalkan perkhidmatan (service) kepada program lain, contohnya kod (driver) yang membenarkan Ahli Program menulis program untuk mesin tanpa perlu mengetahui lebih terperinci tentang alat elektronik pada sistem komputer. 
·  sebagai susunan arahan yang dapat difahami oleh komputer. Ia dibuat untuk mengarahkan komputer melaksanakan, mengawal, menjadwalkan, dan menyelaraskan sesuatu operasi komputer.

3. CARA KERJA WINDOWS
·  Melakukan manajemen proses. Sistem operasi menjadwalkan setiap proses seperti membuat file, menghapus file, sinkronisasi antar file, komunikasi antar file dan lain sebagainya.Sistem operasi juga melakukan penundaan proses, melanjutkan proses atau menghentikan proses secara paksa. Hal yang berkaitan dengan menunda dan melanjutkan proses sangat bergantung pada RAM untuk menampung proses sementara waktu dan register prosesor yang menampung proses yang sedang berjalan. Sedangkan untuk yang berkaitan dengan pengolahan file membutuhkan bantuan dari Control Unit, yakni komponen pemrosesan yang ada dalam CPU.
·  Manajemen memori utama. Sistem operasi harus bisa mengatur dan mengalokasikan jumlah memori yang dibutuhkan serta alamat memori yang diperlukan untuk menampung proses. Jika tidak bisa, maka terjadi proses yang tumpang tindih dan terjadi hang karena memori tidak cukup menampung beban proses.
·                      Manajemen file. Ada empat bagian penting dalam manajemen file, yakni membuka file, menulis file (salin, tempel atau tulis data), menyimpan file dan menghapus file.
·  Manajemen sistem input dan output. Sistem operasi harus bisa melakukan hal yang berkaitan dengan masukan dan keluaran data. Data yang diberikan oleh pengguna melalui keyboard, mouse atau perangkat lain harus mampu ditampung. Hal yang berkaitan dengan manajemen sistem input output adalah buffering atau penampungan data, scheduling atau penjadwalan data, spooling atau meletakkan pekerjaan di dalam buffer dan mengalokasikan driver untuk perangkat keras yang terhubung ke CPU.
·  Manajemen penyimpana sekunder. Penyimpanan sekunder erat kaitannya dengan media penyimpanan sekunder seperti harddisk, USB flashdisk, SSD, DVD dan lain sebagainya. Aplikasi komputer pada umumnya akan menyimpan file atau data hasil pemrosesan di media penyimpanan sekunder karena penyimpanan primer bersifat sementara dan terbatas. Oleh karena itu sistem operasi juga melakukan perantaraan file maupun data yang akan disimpan dalam sistem penyimpanan sekunder dengan memperhatikan beberapa aspek, diantaranya adalah efisiensi, optimalisasi dan sekuriti.

4. MACAM - MACAM WINDOWS

1.                 Windows 1.0

Windows 1.0 adalah versi windows pertama kali yang dikenalkan oleh microsoft corporation pada tahun 1985. Windows pertama kali ini dirasa kurang populer pada zamannya karena kurang fitur dalam fungsionalitasnya. Sistem operasi windows 1.0 ini memiliki kemampuan yang sama dengan MS-DOS, cuman berbeda pada tampilan antarmuka grafis. Jadi bisa disimpulkan kelemahan yang ada pada MS-DOS juga terdapat pada windows 1.0. 

·                      Berikut ini macam macam versi windows 1.0:
A.               Windows 1.0.1 (rilis november 1985)
B.                Windows 1.03 (rilis agustus 1986)

2.                 Windows 2.0

Windows 2.0 adalah versi ke-2 yang dirilis pada tahun 1987 oleh microsoft corporation. Windows 2.0 ini lebih cepat dikenal daripada versi windows 1.0 yang dirasa kurang populer di tahun-tahun sebelumnya. Kepopuleran windows 2.0 ini disebabkan karena adanya aplikasi grafis buatan microsoft yakni microsoft excel for windows dan microsoft word for windows yang banyak dibutuhkan untuk aktifitas multitasking yang hanya support sistem operasi windows.

·                      Berikut ini macam macam versi windows 2.0 :
1.    Windows 2.0 (rilis desember 1987)
1.    Windows 2.10 (rilis mei 1988)
1.    Windows 2.11 (rilis maret 1989)


3. Windows 3.0

Windows 3.0 adalah versi ke-3 yang dirilis tahun 1990 oleh microsoft corporation dengan kelebihan tersendiri dari versi pertama dan kedua. Pada versi windows 3.0 ini microsoft mendapatkan kesuksesan yang luar biasa pada awal rilisnya. Windows 3.0 ini mampu memberikan peningkatan performa terhadap fitur-fitur aplikasi yang kompatibel dengan windows. Keunggulan yang ada pada windows 3.0 ini mampu memberikan izin pemakai untuk melakukan aktifitas multitasking. Misalnya menjalankan aplikasi MS-DOS bersamaan dengan microsoft word atau microsoft excel.

·                       Berikut ini macam-macam windows 3.0 :
1.    Windows 3.0 (rilis mei 1990)
1.    Windows 3.1 (rilis agustus 1992)
1.    Windows 3.2 (rilis november 1993)


4. Windows for Workgroups

Windows for workgroups adalah versi windows untuk tambahan windows 3.1 dan sebagai versi tersendiri. Didalamnya terdapat dasar windows yang memiliki driver jaringan komputer, support jaringan secara peer-to-peer dan stack protokol yang lebih bagus. 

·                      Berikut ini versi windows for workgroups :
1.    Windows for workgroups 3.1 (rilis 1993)
1.    Windows for workgroups 3.11 (rilis 1993)


5. Windows NT

Windows NT adalah versi windows yang dikembangkan oleh Dave Cutler yang sebelumnya menjabat sebagai salah satu pimpinan di Digital Equipment Corporation (DEC) dan bergabung dengan microsoft karena proyeknya tidak disetujui oleh petinggi DEC. Windows NT memiliki peningkatan fitur application programming interface (API) 32-bit yang di versi windows sebelumnya hanya menggunakan API 16-bit. Windows NT ini pada zamannya hanya bisa dimiliki oleh kalangan terbatas karena dikenal mempunyai sistem yang boros sumber daya sehingga membutuhkan hardware yang mahal juga. 
·                      Berikut ini versi macam macam NT :
1.    Windows NT 3.1 (rilis juli 1993)
1.    Windows NT 3.5 (rilis september 1994)
1.    Windows NT 3.51 (rilis mei 1995)


6. Windows 95

Windows 95 adalah versi windows yang berorientasi kepada pengguna/konsumen yang memiliki aktifitas multitasking secara pre-emptive 32-bit seperti pada OS/2 dan windows NT. Windows 95 ini hanya support sistem operasi DOS buatan microsoft, sehingga jika digunakan pada sistem operasi DOS bukan buatan microsoft maka mustahil untuk dijalankan. Hal ini semakin mengokohkan microsoft sebagai perusahaan IT yang sedang berkembang pesat. 
·                      Berikut ini versi windows 95 :
1.    Windows 95 (agustus 1995)
1.    Windows 95 A
1.    Windows 95 B
1.    Windows 95 B USB
1.    Windows 95 C

7. Windows NT 4.0

Windows NT 4.0 adalah versi windows yang ditujukan untuk pasar workstation untuk mengamvam dominasi novel netwar dan UNIX. Windows NT 4.0 ini memiliki interface seperti windows 95 dan memakai kernel seperti windows NT. 

·                      Berikut ini versi macam macam windows NT 4.0 :
1.    Windows NT 4.0 Workstation
1.    Windows NT 4.0 Server
1.    Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition
1.    Windows NT 4.0 Terminal Servet


8. Windows 98

Windows 98 adalah versi revisi dari windows 95 yang memiliki banyak driver perangkat keras dan support sistem berkas FAT32 yang lebih baik. Selain itu, fungsi USB pada windows 98 lebih bagus dibanding dengan versi windows sebelumnya, windows 95. Windows 98 mulai ditanamkan microsoft internet explorer yang berfungsi sebagai mesin pencari yang ada hingga saat ini.

·                       Berikut ini versi macam macam windows 98 :
1.    Windows 98 (rilis juni 1998)
1.    Windows 98 Second Edition (rilis 1999)


9. Windows 2000

Windows 2000 (rilis februari 2000) adalah versi windows yang dikenal dengan windows NT 5.0. Windows 2000 ini mencakup pangsa pasar workstation dan server yang memiliki fitur active directory, device manager yang ditingkatkan menjadi microsoft management console, windows media player dan directX 6.1. 

·                      Berikut ini versi macam macam windows 2000 :
1.    Windows 2000 Professional
1.    Windows 2000 Server
1.    Windows 2000 Advanced Server
1.    Windows 2000 Datacenter Server
1.    Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
1.    Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition


10. Windows ME (Millennium Edition)

Windows ME adalah versi windows yang memiliki fitur multimedia, internet dan system restore yang lebih baik dari versi windows sebelumnya. Windows ME juga menanamkan windows movie maker yang merupakan sebuah software untuk mengolah sebuah gambar, video, dan musik menjadi sebuah film/movie clip. Fitur yang terbenam di dalam windows 2000 seperti internet explorer 5.5, windows media player 7.0 dan microsoft directX 7.1. Windows ME merupakan versi windows terakhir yang tidak memiliki windows product activation atau lebih dikenal dengan aktifasi windows.
·                       Berikut versi windows ME :
1.    Windows Millennium Edition (rilis september 2000)


11. Windows XP

Windows XP adalah versi windows yang paling lama masa penggunaannya kisaran tahun 2001 sampai 2007, mungkin sebagian komputer yang ada dirumah kita juga masih menggunakan windows XP untuk spesifikasi komputer rumahan yang rendah. 

·                      Berikut ini versi macam macam windows XP :
1.    Windows XP Home Edition
1.    Windows XP Home Edition N
1.    Windows XP Professional
1.    Windows XP Professional N
1.    Windows XP Media Center Edition (MCE)
1.    Windows XP Media Center Edition 2003
1.    Windows XP Media Center Edition 2004
1.    Windows XP Media Center Edition 2005
1.    Windows XP Tablet PC Edition
1.    Windows XP Tablet PC Edition 2005
1.    Windows XP Embedded
1.    Windows XP Starter Edition
1.    Windows XP Professional x64 Edition
1.    Windows XP 64-bit Edition
1.    Windows XP 64-bit Edition 2003



Cukup sekian artikel kali ini sobat. Semoga yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kalian semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Windows beserta Sejarahnya"

Post a Comment

=> Harap komentar yang sopan :-)
=> berkomentar dengan url (mati / hidup) tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel