Pengertian dan Jenis - Jenis Komputer

Pengertian dan Jenis - Jenis Komputer - Siapa sihh dari kita yang tidak mengenal dengan komputer. dizaman present day ini pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah komputer. untuk mengetahui lebih luas tentang komputer. kita harus tahu dasar dari komputer terlebih dahulu atau bisa kita sebut perkenalan. yah sebenar nya apa itu komputer?

Pengertian Komputer

Istilah komputer mempunyai arti luas, customized structure komputer berasal dari bahasa latin yatu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to figure. Secara difinisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima information (input), mengolah information (compositions) dan memberikan informasi (yield) yang terorganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memory.

Menurut Robert H. Bilssmer 1985, komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input (information) memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan yield dalam bentuk informasi.

Menurut VC. Hamacher ZG, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input computerized, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (put away program) dan menghasilkan yield informasi.

Menurut William M Fuori, komputer merupakan suatu pemroses (information processor) yang dapat melakukan perhitungan (komputasi) yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Menurut Donald H. Saders 1985, komputer merupakan suatu sistem elektronik yang mampu memanipulasi information yang cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan information input, memprosesnya dan menghasilkan yield berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

Jenis - Jenis Komputer

Komputer itu ada 4 jenis :

1. (PC)

Individual Computer...juga dikenal sebagai PC'...adalah jenis komputer yang terkecil dan kurang intense bila dibanding dengan jenis komputer yang lain. PC digunakan di rumah, sekolah, dan di lingkungan bisnis kecil.

Jenis-jenis Personal Computer (PC)

Ada 3 jenis PC

a. Work area

Komputer Desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, show visual dan unit yield sound dan console yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, disket atau flashdisk.

b. Komputer Portable (Notebook/Laptop)

Pada saat pertama komputer versatile dibuat dengan ukurannya cukup besar dan berat. Beratnya sekitar 500 kg., dan membawanya dengan koper besar.. Kreator dari komputer compact pada waktu itu memimpikan bahwa pada suatu hari nanti ukuran komputer versatile pasti bisa dibuat sebesar journal atau kamus saku.. Dengan teknologi hari ini, impian tersebut telah terwujud... Dan munculah Komputer Notebook/Laptop yang kita kenal sekarang.

· Komputer scratch pad (workstation)

adalah versi ringkas dari individual komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satu unit tunggal seukuran koper tipis.

· Hand-Held (Komputer Genggam)

Contohnya : Palmtop/PDA (Personal Data Access)

2. Smaller than normal Komputer

Digunakan untuk perhitungannumerik skala menengah : digunakan untuk institusi/pemerintahan/perusahaan besar/menengah (skala nasional) biasanya dipakai sebagai Server.

3. Komputer Main Frame

Digunakan untuk perhitungan numeric skala menengah/besar ( untuk institusi/perusahaan besar skala internasional )

4. Supercomputer

Digunakan untuk perhitungan numeric skala besar seperti perkiraan cuaca, desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem Enterprise, Server dari supercomputer, unit fungsionalnya yang memiliki banyak processor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan sering kali terpisah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Jenis - Jenis Komputer"

Post a Comment

=> Harap komentar yang sopan :-)
=> berkomentar dengan url (mati / hidup) tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel