Sejarah Singkat 10 Tokoh Komputer Lengkap

Sejarah 10 Tokoh dalam bidang Komputer 

1.                  Steve Wozniak
Biografi Steve Wozniak. Bernama Stephen Wozniak  lahir di San Jose, California, Amerika Serikat, 11 Agustus 1950. Ia juga dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi melalui produk Apple miliknya. Ia dikenal sebagai Pendiri perusahaan Apple Computer bersama Steve Jobs. Walaupun kontribusinya hanya dalam bentuk kumpulan ide-ide jitu yang secara tidak sengaja bersamaan dengan siapnya teknologi untuk pembuatan komputer massal, kecerdasan dan kreatifitasnya yang tak terbatas membuat dia menjadi orang yang tepat untuk diakui sebagai pemrakarsa revolusi komputer pribadi.Sebelum Steve Wozniak bersama Steve Jobs mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker. Kepandaian Steve Wozniak ini memang terlihat sejak dia masih kecil yang sangat gemar mengutak atik aljabar dan algoritma matematika. Kemampuan Steve Wozniak ini tentunya sangat berarti dalam mendongkrak hidupnya karena baik Steve Wozniak maupun Steve Jobs semasa SMA-nya tergolong orang orang dengan ekonomi menengah ke bawah.Pada tahun 1975, Steve Wozniak bekerja di Hewlett-Packard dan membantu teman-Nya Steve Jobs mendesain video game untuk Atari. Dari keuntungan yang diperoleh, mereka menggunakannya untuk membeli sebuah computer yang sangat sederhana, salah satu produk dari Call Computer pimpinan Alex Kamradt untuk dipelajari mekanismenya. Setelah melihat wacana mengenai membangun terminal computer sendiri pada suatu majalah berjudul Popular Electronics terbitan tahun 1975, double steve tersebut merakit sendiri komputer dengan spare part yang ada. Computer Conversor yang dirakit tersebut terdiri dari 24 baris dan 40 kolom, hanya menggunakan huruf capital, menggunakan monitor berupa video teletype dan dapat terhubung dengan Call Computer. Alex Kamradt menanggapi positif hal ini dan bekerja sama dengan Steve Wozniak untuk menjual produk jadinya melalui firma dagang yang dimiliki Kamradt.
Pada tahun 1975, Wozniak mulai menghadiri pertemuan di Homebrew Computer Club. Pada pertemuan tersebut Microcomputers baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk menggunakan mikroprosesor ke dalam video teletype dan lengkaplah computer yang ia rancang. Pada saat itu hanya tersedia microcomputer CPU Intel 8080 senilai US $ 179 dan Motorola 6800 yang dibandrol US $ 170. Saat itu Wozniak berniat bekerja sama dengan Motorola, namun saat itu masih belum menemukan kata sepakat karena range harga yang diminta baik Intel maupun Motorola saat itu jauh dari range budget mereka. Namun Wozniak tak menyerah. Ia melihat, mempelajari dan mendesain skema computer pada kertas. Dalam benaknya, membuat CPU hanyalah tinggal menunggu hari saja.
Ketika MOS Technology 6502 chip (sekarang baterai CMOS) dirilis dengan kisaran harga US $ 20 pada tahun 1976, Wozniak membuat program yang sesuai untuk chip tersebut dengan bahasa BASIC dan mulai mendesain computer yang mampu menjalankannya. MOS 6502 didesain oleh orang yang sama dengan orang yang membuat Motorola 6800, karena banyak pekerja di Silicon Valley yang mendirikan atau membuat usaha sendiri sebagai sampingan.Wozniak melakukan sedikit perubahan kecil agar chip baru tersebut dapat berjalan dengan baik. Wozniak menyempurnakan penemuaanya dan membawanya ke pertemuan Homebrew Computer Club.

2.                  Michael Dell

Biografi Michael Dell. Ia lahir 23 Februari 1965, Houston, Texas, AS. Salah satu pengusaha pengusaha sukses asal Amerika, ia juga seorang penulis, yang dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Dell, Inc. Michael Dell adalah anak seorang orthodentist (dokter ahli merapikan gigi). Ia pertama kali memulai proyek komputernya saat berusia 15 tahun. Saat itu, karena ingin tahu ia membongkar komputer baru Apple II untuk melihat komponen-komponennya dan mencoba merakitnya kembali. Michael Dell, mungkin hanya orang-orang tertentu yang mengetahui nama itu, akan tetapi kalau Dell Computer semua orang pasti tahu. Betul sekali Michael Dell adalah pendiri dari perusahaan Dell Computer yang terkenal tersebut. Berkat inovasi, daya kreatifitas yang tinggi Michael Dell berhasil membawa perusahaanya meraih sukses sebagai salah satu perusahaan yang terkemuka didunia. Berikut biografi singkat dari Michel Dell dan perusahaanya Dell Computer. Sebagai mahasiswa dari Universitas Texas di Austin, Dell memulai bisnis komputernya (awalnya bernama PC’s Limited) pada tahun 1984 dengan modal awal sebesar $ 1.000, pekerjaan itu dijalankanya part time. Pada paruh kedua tahun pertamanya, Dell telah menjual komputer senilai $ 80.000. Dia keluar dari perguruan tinggi pada usia 19 untuk menjalankan perusahaan full time, akhirnya go public pada tahun 1988. PC’s Limited kemudian berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan akhirnya menjadi Dell, Inc. Produk Dell pun sudah terdiversifikasi dari bisnis intinya. Saat ini, ia bukan hanya menjual komputer pribadi (PC), komputer jinjing (laptop) atau komputer server, melainkan juga media penyimpan (storage), printer, komputer genggam alias PDA, pemutar musik MP3, televisi plus berbagai jasa layanan komputer. Dell berkata, “Saat mendirikan bisnis ini di asrama mahasiswa, modal saya hanya 1000 dolar AS. Sekarang Dell telah berubah menjadi peritel komputer online terbesar di dunia. Penjualan online Dell via Internet mencapai rata-rata 30 juta dolar AS per hari.

3.                  Dennis Mc Allistair Ritchie
Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson membuat bahasa yang paling terkenal di dunia komputer menyaingi bahasa inggris di dunia real. Bahasa itu adalah bahasa C. Dennis M Ritchie lahir ditengah perang dunia ke 2 pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville NewYork. Lulus dari Harvard thn 1963 dalam bidang Fisika dan melanjutkan pendidikan di Harvard hingga meraih gelar Ph.D di bidang Matematika.(Perlu diketahui bahwa orang jenius dalam bidang science biasanya suka matematika). Setelah lulus dari Harvard ,Dennis Ritchie bergabung dengan laboratium paling terkenal di dunia (Bell Labs) padatahun 1963 mengikuti jejak ayahnya Alistair E.Ritchie. Tak lama setelah bergabung dengan lab ini , ia segera memberi konstribusi dalam project Multics yang merupakan proyek kerjasama antara Bell Labs ,MIT dan General Electrics dengan membantu menuliskan Compiler bahasa BCPL(Basic Combined Programming Language)untuk mesin Multics. Kemudian ia membantu Ken Thompson dalam pembuatan sistem operasi UNIX(salah satu OS selain Windows dan Linux) . Bahasa C inilah fondasi dalam pembuatan Unix. Bahasa C ini merupakan pengembangan dari bahasa B yang dibuat oleh Ken thompson dengan penambahan beberapa data type dan syntax baru kedalamnya oleh Dennis Ritchie.

4.                  Raymond Samuel Tomlinson 
Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson dilahirkan pada tahun 1941 di daerah bernama Amsterdam di wilayah New York. Ia dan keluarganya kemudian pindah ke daerah atau desa kecil bernama Vail Mills, New York. Ray Tomlinson dikenal sebagai Penemu dari Email atau Elektronik Mail. Di Saat remaja Ray Tomlinson bersekolah di Broadalbin Central School di daerah Broadalbin, New York. Setelah Lulus dari Broadalbin Central School, Ray Tomlinson kemudian melanjutkan srudinya di Rensselaer Polytechnic Institute di wilayah Troy, New York di mana Ray Tomlinson bekerja sama dengan IBM dalam program co-op. Di Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson menerima gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik pada tahun 1963.Setelah lulus dari Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson kemudian melanjutkan studinya untuk gelar Master di Massachusetts Institute of Technology dalam bidang teknik elektro. Di MIT, Ray Tomlinson bekerja di Speech Communication Group dan disitu Ray Tomlinson mengembangkan teknologi analog-digital hybrid speech synthesizer yang dijadikan sebagai subyek untuk tesis Master-nya. Ray Tomlinson kemudian menerima gelar S.M. di bidang Teknik Elektro pada tahun 1965.
Pada tahun 1967 Ray Tomlinson bergabung dengan perusahaan teknologi bernama Bolt, Beranek and Newman yang sekarang dikenal dengan nama BBN Technologies, di mana Ray Tomlinson membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Protocol dan implementasi TELNET. Ray Tomlinson menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET. Ray Tomlinson diminta untuk mengubah sebuah program yang disebut SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain dari komputer time-sharing, untuk dapat dijalankan pada TENEX. Dia menambahkan kode yang ia ambil dari CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer lain inilah yang menjadi cikal bakal dari munculnya E-mail atau elektronik mail.

5.                  Alan Field Shugart 
Dengan nama lengkap Alan Field Shugart  (27 September 1930 - 12 Desember 2006) adalah seorang insinyur Amerika, pengusaha dan eksekutif bisnis yang karirnya menanjak sebagai pengusaha  disk drive modern industri komputer

Kehidupan
Lahir di Los Angeles, ia lulus dari University of Redlands, menerima gelar dalamteknik fisika. Dia memulai karirnya di IBM di San Jose, California. Dia bekerja padaIBM 305 RAMAC, dan naik melalui serangkaian posisi yang semakin penting untukmenjadi  Penyimpanan Akses Langsung Product Manager, bertanggung jawabuntuk produk penyimpanan disk. Itu adalah bisnis paling menguntungkan IBM pada waktu itu. Di antara kelompok-kelompok pelaporan ke Shugart adalah tim yang menciptakan floppy disk.
Dia adalah pendiri Shugart Associates pada tahun 1973, kemudian diakuisisi oleh Xerox. Kemudian dia dan Finis Conner Teknologi Shugart mulai tahun 1979, yang
segera berubah nama menjadi Seagate Technology.
Dengan Shugart sebagai Chief Executive Officer, Seagate menjadi produsen terbesar independen di dunia disk drive dan komponen terkait. Pada Juli 1998,Shugart mengundurkan diri posisinya dengan Seagate.
Pada tahun 1996 ia meluncurkan kampanye yang gagal untuk memilih Ernest, nyaBernese Gunung Anjing kepada Kongres. Shugart kemudian menulis tentangpengalaman tersebut dalam sebuah buku, Ernest Goes to Washington (Nah, TidakTepat). Dia mendukung sebuah inisiatif pemungutan suara gagal pada tahun 2000untuk memberikan California pemilih pilihan untuk memilih "tidak ada di atas" dalam pemilihan.Dia adalah penerima IEEE 1997 Reynold B. Johnson Informasi PenghargaanStorage Systems.
Shugart adalah ayah dari tiga anak: Joanne Shugart (b. 1951, d. 1954), ChristopherD. Shugart (b. 12-13-53) dan Teri LK Shugart (b. 8-13-55), dan 4 cucu: CarlyErickson (b. 5-26-89), Mitchell Erickson (b. 8-23-91), Andrew Shugart (b. 4-16-80)dan Janette Shugart (b. 11-1-85). Shugart menikah dengan Ester Marrs (Bell née), ibu dari tiga anak-anak Shugart, dari Agustus 1951 sampai Agustus 1973. Ia menikah dengan Rita Shugart (Kennedy née) dari tahun 1981 sampai kematiannya.
Shugart meninggal pada 12 Desember 2006 di Monterey, California
.

6.                  James Arthur Gosling 

Siapa yang tidak mengenal bahasa pemrograman Java? Ya, bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat pembaca gunakan untuk membangun berbagai aplikasi. Namun apakah pembaca sudah mengenal tokoh dibalik Java? siapakah pembuat bahasa pemrograman java?Pembuat bahasa pemrograman Java adalah James Arthur Gosling atau biasa dikenal dengan nama James Gosling, pria berkebangsaan Kanada yang terlahir pada tanggal 19 Mei 1955. Beliau juga seorang ilmuwan komputer. Beliau menerima gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Informasi dari BITM. Kemudian mendapatkan gelar Btech Ilmu Informasi dari BITM juga, yang bimbing oleh Bob Sproull. Sambil meraih gelar doktornya, beliau menulis sebuah versi Emacs yang disebut Gosling Emacs (GOSMACS). Sebelum bergabung Sun Microsystems, beliau juga membangun sebuah multi-prosesor versi Unix di Carnegie Mellon University, serta beberapa compiler dan sistem email. Beliau menemukan bahasa pemrograman Java pada tahun 1994. Beliau menciptakan desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli bahasa dan mesin virtual tersebut. Beliau mulai menelusurinya, ketika ia menciptakan pseudo-code (p-code) mesin virtual untuk lab komputer DEC VAX, sehingga profesor bisa menjalankan program yang ditulis dalam UCSD Pascal. Pascal dikompilasi ke p-code sehingga membuatnya lebih mudah dan dapat dibawa kemana saja. Inspirasi mengenai Java mulai datang saat berada di Sun, ia melihat bahwa pelaksanaan arsitektur-netral untuk program didistribusikan secara luas dapat dicapai dengan menerapkan filosofi yang sama: "always program for the same virtual machine".Antara tahun 1984 dan 2010, beliau bekerja di Sun Microsystems. Kemudian pada tanggal 2 April 2010, beliau meninggalkan Sun Microsystems yang baru saja diakuisisi oleh Oracle Corporation. Mengapa beliau meninggalkan perusahaan tersebut? Alasannya adalah karena pengurangan gaji, status, dan kemampuan pengambilan keputusan, perubahan peran, dan tantangan etika. Beliau telah mengambil sikap yang sangat kritis terhadap Oracle.Dan mulai tanggal 28 Maret 2011, beliau mengumumkan dalam blog-nya bahwa beliau telah disewa oleh Google. Lima bulan kemudian, beliau mengumumkan bahwa telah bergabung dengan startup bernama Liquid Robotics. Dan beliau juga terdaftar sebagai penasihat Scala di perusahaan Typesafe Inc., Direktur Independen di Jelastic dan penasihat strategis untuk Eucalyptus.
7.                  Adam Osborne
Profil dan Biografi Adam Osborne. Beliau dikenal sebagaiPenemu Laptop. Adam Osborne adalah salah seorang yang memegang peranan penting dan berpengaruh di dalam sejarah awal pembuatan personal computer (PC) serta membuat Komputer Portabel pertama yang kini dikenal dengan sebutan Laptop. Ia dilahirkan di Thailand pada 1939, dan menghabiskan masa anak-anaknya di Tamil Nadu, India Selatan, bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Ia pindah ke Inggris saat berusia 11 tahun. Pada tahun 1961 ia lulus dari Universitas Birmingham, Inggris, sebagai sarjana muda di bidang teknik kimia. Setelah itu, ia pindah ke Amerika Serikat dan menyelesaikan pendidikannya di Universitas Delaware dan memperoleh gelar doktor di bidang teknik kimia. Kemudian, ia bekerja di sebuah perusahaan pertambangan minyak Shell Oil.

8.                  Alan Turing
Nama Alan Turing tidak dapat dipisahkan sejarah perkembangan teknologi komputer. Beliau dikenal sebagai tokoh yang berperan besar dalam perkembangan komputer modern digital pertama dan dikenal sebagai 'Bapak Ilmu Komputer'.Nama lengkap beliau adalah Alan Mathison Turing yang dilahirkan di London pada tanggal 23 juni 1912. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Julius Mathison Turing dan Ethel Sara Stoney.  Ia mempunyai seorang kakak laki-laki bernama John. F Turing. Ayah Alan Turing yakni Julius Mathison Turing bekerja sebagai pegawai pelayanan sipil di India ketika India masih dalam penjajahan Inggris. Ibunya sendiri yakni Ethel Sara Stoney merupakan anak dari pegawai kereta api. Ketika mengandung Alan Turing, orang tuanya menghendaki agar Alan Turing lahir di Inggris oleh karena itu mereka kemudian kembali ke Inggris.

9.                  Jack St. Clair Kilby 
Biografi Jack St. Clair Kilby dikenal sebagai Penemu Mikrochip pertama. Jack St. Clair Kilby lahir pada tahun 1924, dan tumbuh di Great Band, Kansas, Amerika Serikat. Kilby memperoleh gelar BS pada teknik elektro dari University of Illinois dan gelar MS dari University of Wisconsin pada bidang yang sama. Kilby memulai karirnya pada tahun 1947 dengan bekerja pada Centralab Division of Globe Union Inc. Di Milwaukee, dengan mengembangkan ceramic-base, silk-screen circuits untuk produk-produk elektronik rumah tangga. Pada tahun 1958, Kilby bergabung dengan Texas Instrument (TI) di Dallas. Selama musim panas pada tahun itu ketika teman-teman sekerjanya menikmati liburan musim panas, dengan peralatan pinjaman dan seadanya, Kilby menyusun dan membuat rangkaian elektronik pertama yang semua komponen komponenya aktif dan pasif difabrikasi pada sebuah lempeng tunggal material semikonduktor seukuran setengah penjepit kertas. Keberhasilan demonstrasi microchip sederhana skala laboratorium yang pertama kali pada 12 September 1958 tersebut menggoreskan sejarah bagi dunia elektronika. Jack Kilby kemudian juga menjadi perintis bagi berbagai penemuan lainnya dalam bidang militer, industri dan aplikasi komersil yang berbasiskan teknologi microchip. Kalkulator dan thermal printer juga merupakan penemuannya sebagai co-in-ventor.
Pada tahun 1970, Kilby cuti dari TI sebelum resmi pensiun pada tahun 1983. Antara tahun 1978 sampai 1984, Kilby menjabat sebagai Distinguished Professors of Electrical Engineering pada Texas A&M University. Jack Kilby merupakan penerima dua penghargaan yang paling prestisius dalam bidang ilmu pengetahuan dan engineering. Pada tahun 1970, dalam suatu upacara di Gedung Putih, Kilby menerima National Medal of Science. Kini, dalam ukuran yang sama memungkinkan terdapat 100 juta transistor. Dari sirkuit sederhana pertama tersebut telah berkembang pasar microchip dengan penjualan total 179 miliar dolar AS di seluruh dunia pada tahun 2004, yang mendukung penjualan peralatan elektronik di seluruh dunia senilai 1,186 miliar dolar AS. Jack St. Clair Kilby meninggal pada tanggal 20 Juni 2005 yang lalu di Dallas dalam usia 81 tahun karena penyakit kanker. Namun Kilby akan tetap dikenang. Ia telah membuktikan, betapa kekuatan suatu gagasan telah mampu mengubah dunia.

10.              Dennis Hayes
Biografi Dennis HayesBeliau lahir pada tahun 1950 adalah dia pendiri dari perusahaan Microcomputer Hayes, yang lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat modem kemudian telah digunakan di sebagian besar modem yang diproduksi hingga hari ini. Dennis Hayes dikenal sebagai Penemu dari Modem Komputer pertama kali. Dia meninggalkan Georgia Institute of Technology di pertengahan 1970-an untuk bekerja di sebuah perusahaan komunikasi, National Data Corporation di Atlanta, sebuah perusahaan yang menangani transfer uang elektronik dan otorisasi kartu kredit. Pekerjaan Hayes 'adalah untuk mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC itu. Dia bertemu Dale Heatherington di Perusahaan Data Corporation Nasional. Bersama-sama mereka mengembangkan dan memasarkan modem berkualitas tinggi untuk PC pertama IBM, dan membangun perusahaan bernama Hayes Communication. Sementara Heatherington meninggalkan perusahaan untuk pensiun dini, Hayes menjalankan perusahaan sampai bangkrut pada tahun 1998. Dennis C. Hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1977, yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang. Ia pertama kali menjual produk modem bernama Hayes kepada par penggemar komputer di bulan April 1977, dan kemudian mendirikan perusahaan D.C. Hayes Associates, Inc., yang belakangan terkenal dengan nama Hayes Corp., pada Januari 1978. Kualitas dan inovasi dari produk Hayes dihasilkan dalam peningkatan kinerja dan pengurangan biaya sehingga mampu memimpin industri dalam Transisi dari modem leased line ke intelligent dial-up modem untuk PC.
Pada saat ia memulai perusahaannya, Hayes telah berpengalaman lebih dari 10 tahun bekerja dengan sistem komputer mulai dari yang besar hingga yang kecil, telekomunikasi, pengembangan produk manufacturing dan elektronika. Selama mengikuti kuliah di Institut Teknologi Georgia, Hayes berpartisipasi dalam program co-operation yang bekerja untuk AT&T Long Lines. Kemudian ia bergabung dengan Financial Data Services dimana ia bekerja pada sistem dengan mikroprosesor 4-bit pertama. Setelah menyelesaikan studinya di Institut Teknologi Georgia, Hayes kemudian bekerja untuk National Data Corporation, dimana ia mengembangkan sistem berbasis mikrokomputer agar bisa terhubung ke jaringan. Hayes selanjutnya mengikuti kuliah di School of Management and Strategic Studies di Western Behavior Science Institute.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Singkat 10 Tokoh Komputer Lengkap"

Post a Comment

=> Harap komentar yang sopan :-)
=> berkomentar dengan url (mati / hidup) tidak akan dipublish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel